News

All New Chevrolet Captiva Versi Thailand Made In Indonesia?

Fri, 12 April 2019 - 14:34 | visits : 69

AutonetMagz.com – Munculnya All New Chevrolet Captiva di Bangkok International Motor Show 2019 minggu lalu akhirnya menyudahi penantian panjang pecinta Captiva akan generasi terbaru. Walau ada yang senang ataupun tidak, yang jelas All New Chevrolet Captiva adalah produk yang 11-12 dengan Wuling Almaz dan juga Baojun 530 serta MG Hector. Nah, pertanyaan yang menarik, dari mana unit All New Chevrolet Captiva bakal didatangkan?

Pertanyaan tersebut muncul pasca pihak Chevrolet Thailand memastikan bahwa All New Chevrolet Captiva tidak akan dirakit di Thailand. Jadi, jelas unit All New Chevrolet Captiva disana adalah unit CBU alias unit impor dari negara lain. Untuk saat ini, ada 3 lokasi yang memproduksi SUV dengan banyak versi tersebut. Pertama, tentunya pabrik Baojun di Lizhou, Guangxi, China yang memproduksi Baojun 530. Yang kedua adalah pabrik Wuling Indonesia di Cikarang. Dan ketiga adalah pabrik MG Motors yang dibeli dari GM India yang berlokasi di Halol dan akan memproduksi MG Hector. Namun nampaknya kandidat terakhir harus dicoret.

Mengapa? Karena pabrik dari MG Motors saat ini belum memproduksi MG Hector yang juga adalah kembaran dari All New Chevrolet Captiva. Nah, sisa 2 kandidat diatas adalah China dan Indonesia. Jika mengambil di China, maka distribusi unit bisa dilakukan via darat, namun pihak pabrikan harus mengubah layout setir kiri menjadi sebaliknya. Sedangkan jika mengambil unit di Indonesia, maka ada keuntungan dalam hal perjanjian pajak di ASEAN dan juga sudah sama – sama menggunakan layout setir kanan walaupun perjalanan distribusi sedikit lebih panjang. Lantas, dari mana unit All New Chevrolet Captiva bakal dikirim?

Dari sumber yang kami dapatkan, peluang All New Chevrolet Captiva untuk diimpor dari Indonesia sudah terbuka dan sangat besar. Hal ini juga senada dengan rencana pihak Wuling Indonesia untuk melakukan ekspor per tahun 2019 ini. Pihak Wuling juga menyebutkan sebelumnya bahwa pabrik mereka di Cikarang yang berkapasitas 120.000 unit per tahun merupakan investasi jangka panjang untuk memenuhi pangsa pasar di kawasan ASEAN. Secara tak langsung, untuk pasar ASEAN, produksi bakal di-handle oleh Wuling Motors Indonesia. Jadi, apakah All New Chevrolet Captiva bakal made in Indonesia? Yap.

Pertanyaan selanjutnya adalah, ‘Apakah All New Chevrolet Captiva juga akan dijual di Indonesia?’ Untuk hal ini kami belum bisa menjawabnya, namun peluang untuk realisasi hal tersebut tentunya masih sangat terbuka. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Sumber: autonetmagz.com

See also

jQuery Slider

Comments


Group

Top