Info Product

Chevrolet Trooper, Sejarah Lengkap Generasi Pertama Yang Legendaris

Wed, 8 May 2019 - 09:09 | visits : 38

Jip.co.id- Chevrolet Trooper begitu kita mengenalnya di Indonesia. Namun, di luar negeri ia memiliki memiliki segudang nama lain seperti Isuzu Trooper, Isuzu Bighorn, Caribe 442, Acura SLX, Subaru Bighorn, Ssangyong Korando Family, Honda Horizon, Opel/Vauxhall Monterey, Holden Jackaroo, dan Holden Monterey. Tiap nama tersebut merujuk pada kendaraan yang sama, tergantung lokasi kendaraan tersebut dijual belikan

Nah, biar gampang dan akrab di artikel disebut Chevrolet Trooper saja ya. Chevrolet Trooper generasi pertama ini dibekali mesin bensin 4-silinder 2.000 cc (G200Z) dan diesel 4-silinder 2.200 cc (C223).

Chevrolet Trooper

Dok. Otomotif Chevrolet Trooper

Namun, dua mesin ini banyak menuai kritik karena dinilai minim tenaga. Sehingga pada tahun 1986, diperkenalkanlah mesin bensin 4-silinder 2.300 cc (4ZD1). Sementara versi diesel 2.200 cc-nya mengalami koreksi dengan penambahan turbo (C223T). Facelift terjadi di tahun 1987, dengan penggantian lampu bundar menjadi lampu kotak. Khusus pasar Amerika Serikat, Isuzu kembali mengoreksi kinerja bensinnya dengan memperkenalkan versi 2.600 cc dengan sistem bahan bakar injeksi.

Chevrolet Trooper

Dok. Otomotif Chevrolet Trooper

Selain itu, disediakan pula pilihan mesin V6 berkapasitas 2.8 liter, yang diambil dari mesin Chevy S-10. Di saat yang sama, versi transmisi otomatis diperkenalkan untuk pertama kalinya.

Sementara itu di luar Amerika Utara, Trooper melakukan pembenahan serius pada versi dieselnya. Mesin lama diganti dengan mesin 2.8 liter. Versi turbo intercooler menjadi pilihan yang kemudian menjadi favorit di kalangan penggemar mesin diesel.

Chevrolet Trooper

Dok. Otomotif Chevrolet Trooper

Tahun 1988 inilah untuk pertama kalinya Ssangyong memasarkan Korando Family. Berbeda dengan Trooper, SUV dengan bumbu racikan Korea ini mempergunakan mesin diesel 2.200 cc dari Isuzu, tapi tak lama kemudian diganti dengan mesin 2.300 cc turbo diesel dari Mercedes-Benz.

Khusus untuk pasar Indonesia, mesin diesel 2.2 liter tetap dipertahankan, menyusul diperkenalkannya versi bensin pada tahun 1989. Indonesia memiliki hampir semua varian Trooper mulai dari versi short wheelbase dan long wheelbase. Hanya versi atap lunak yang tidak pernah muncul di pasar nasional. Chevrolet Trooper generasi pertama pensiun pada 1991.

Sumber: jip.gridoto.com

See also

jQuery Slider

Comments


Group

Top