Info Product

Banyak Yang Belum Tahu, Sejarah Mobil Suv Dipelopori Oleh Chevrolet

Mon, 20 May 2019 - 09:02 | visits : 46

GridOto.com - Mobil jenis Sport Utility Vehicles (SUV) telah berkembang pesat di pasar dunia, ternyata lebih dari 80 tahun Chevrolet telah dikenal sebagai merek pelopor yang memproduksi SUV.

Sejarah dimulai tahun 1935 ketika Chevrolet memperkenalkan Suburban Carrycall, sebuah kendaraan berkapasitas 8 penumpang yang dibangun dengan kerangka jenis truk.

Chevrolet Suburban Carrycall memiliki ciri khas, yaitu dua kabin yang memanjang, kursi tiga baris dan jendela di tiap sisi baris

Suburban Carrycall tetap diproduksi hingga saat ini yang menjadikan model tersebut sebagai nama paling lama yang digunakan dalam industri otomotif.

Walaupun istilah SUV belum begitu dikenal hingga tahun 1980-an, Chevrolet Suburban Carrycall turut memopulerkan model SUV Chevrolet lainnya di seluruh dunia.

SUV kedua yang selanjutnya diperkenalkan Chevrolet adalah K5 Blazer, diluncurkan tahun 1969 K5 adalah yang pertama kali menggunakan nama Blazer dan menekankan kesan sporty.

Selain memiliki jarak sumbu roda lebih pendek dari Suburban, bagian atas K5 juga dapat dilepas agar konvertibel.

K5 menggabungkan kemampuan off-road dengan fitur-fitur mewah saat itu, K5 menjadi inspirasi bagi generasi penggemar kegiatan outdoor.

Seri pertama Blazer ini cocok untuk menikmati petualangan di berbagai medan off-road.

K5 adalah salah satu kendaraan pertama di industri otomotif yang digambarkan sebagai sport utility vehicle dan menjadikan sebuah kesuksesan besar bagi Chevrolet.

Baru pada tahun 1982 Chevrolet memperkenalkan S-10 Blazer yang merupakan SUV kompak pertama di industri.

Tahun 1995 S-10 memenangkan penghargaan Truck of the Year dari Motor Trend.

Chevrolet pun kembali menegaskan keunggulannya di segmen SUV dengan memperkenalkan Trailblazer di tahun 1999.

Ini merupakan varian teratas dari Blazer dan Trailblazer jadi model yang meraih penghargaan North American Truck Of The Year.

Baru-baru ini Chevrolet memperkenalkan kembali Blazer sebagai midsize crossover untuk pasar Amerika Utara, Chevrolet Tahoe diperkenalkan untuk pertama kalinya pada tahun 1995.

Memiliki style yang mirip Chevrolet Suburban namun dengan ukuran lebih pendek, nama SUV besar ini merujuk ke daerah perbukitan terjal dengan pemandangan indah di sekitar Lake Tahoe di Amerika Serikat bagian barat.

Saat ini Chevrolet Tahoe generasi keempat, identik dengan kendaraan yang digunakan oleh badan penegak hukum AmerikaSerikat.

Bahkan Chevrolet Tahoe sering turut mewarnai film-film Hollywood dan berbagai acara televisi sebagai kendaraan dinas agen-agen rahasia AS.

Demi memperkukuh rekam jejaknya di segmen SUV dan Crossover, Chevrolet juga mengeluarkan SUV terbaru.

Seperti Chevrolet Traverse, Equinox, dan Trax hadir untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat untuk kendaraan jenis ini.

Sumber: www.gridoto.com

See also

jQuery Slider

Comments


Group

Top