News

Jagoan Baru Chevrolet Indonesia Tantang Honda HR-V

Tue, 23 June 2015 - 09:37 | visits : 691

General Motors (GM) Indonesia bersiap meluncurkan produk Chevrolet baru pengisi segmen SUV-B, di salah satu pameran otomotif besar yang akan digelar pada Agustus mendatang.

Dari berbagai informasi yang didapat saat acara buka puasa bersama GM Indonesia di Jakarta, Senin (22/6/2015), terungkap kemungkinan model pembuka segmen baru itu diimpor dari Korea Selatan (Korsel).

BIla dipantau dari situs resmi Chevrolet Korsel, keterangan itu mengerucut pada mini crossover Trax, sebagai satu-satunya SUV selain Captiva yang dipasarkan di negeri K-Pop. Pihak GM Indonesia masih memilih bungkam soal prediksi ini, Direktur Marketing perusahaan Meilita Iskandar pun tak mau banyak membuka informasi.

“Segmen itu akan berkembang sesuai tren, memang saat ini MPV-B (low MPV) termasuk top segmen, tapi SUV-B dan SUV-C sedang berkembang juga. Kita akan luncurkan produk SUV-B, tunggu saja saat kita unveiling di pameran,” ujar Meilita.

Meski begitu salah satu sumber internal GM Indonesia mau berkomentar, Trax disebut akan menjadi “penyelamat” buat perusahaan. Model baru ini akan membantu GM Indonesia pulih dari melorotnya performa salah satu tulang punggung penjualan, Spin. Seperti diketahui, produksi Spin di pabrik Bekasi akan berhenti pada akhir Juni.

Di dalam negeri Trax akan menantang Honda HR-V, Daihatsu Terios, Toyota Rush, Ford EcoSport, dan Nissan Juke. Menurut data wholesales Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), sepanjang Januari–Mei 2015, segmen kategori Low SUV ini terpantau sedang berkembang di tengah pasar sulit, mencapai volume 33.094 unit atau naik dari periode yang sama tahun lalu, 23.425 unit

Mesin turbo

Ukuran tubuh Trax cukup kompak, lebih kecil dibanding HR-V dan Terios/Rush, tapi lebih lebar. Ukuran tubuh Trax, panjang 4,245 m, lebar 1,775 m, dan tinggi 1,67 m. Sementara HR-V panjang 4,294 m, lebar 1,772 m, tinggi 1,580 m, sedangkan Terios/Rush panjang 4,420 m, lebar 1,745 m, dan tinggi 1,740 m.

Namun yang jadi perhatian bukan cuma ukuran tubuh. Di Korsel, Trax dibekali mesin 1.4L turbocharged bertenaga 140 tk dan torsi 200 Nm. Bila pilihan mesin ini yang akan ditawarkan di Indonesia, kemungkinan besar akan jadi nilai jual utama di sektor performa. Dalam kata-kata pemasaran Chevrolet Korsel, mesin turbo itu menawarkan torsi maksimum di putaran rendah yang berguna saat pemakaian sebenarnya.

Sumber : www.kompas.com

See also

jQuery Slider

Comments


Group

Top