News

Simak Tips Berkendara Malam Hari Ala Chevrolet

Tue, 26 March 2019 - 09:09 | visits : 81
Tips berkendara saat malam hari ala Chevrolet

KabarOto.com - Indonesia ternyata masih menjadi salah satu negara dengan tingkat kecelakaan lalu lintas tertinggi di dunia loh. Bahkan, menurut data dari Korlantas Polri, rata-rata lebih dari 1.000 kecelakaan terjadi setiap hari. Data di tahun 2018 menunjukkan trend jumlah kecelakaan meningkat, dan merenggut nyawa korban lebih dari 25.000 orang.

Salah satu upaya pemerintah di Indonesia dilakukan melalui Kementerian Perhubungan bersama pihak Kepolisian. Telah dibentuk tim kelompok kerja (pokja) untk memperbaiki aspek keselamatan di jalan tol. Tim ini berperan penting dalam mengevaluasi dan memetakan data penyebab, serta titik rawan kecelakaan di jalan tol.

Walaupun sudah dibentuk tim pokja, pengguna jalan harus tetap waspada dan berhati-hati selama dalam perjalanan. Terutama ketika berkendara di malam hari, tentu harus lebih fokus karena jarak pandang lebih pendek. Nah, kalau sobat KabarOto memang harus mengemudi di malam hari, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Berkendara pada malam hari, hal utama yang harus diperhatikan adalah sorot lampu. Beberapa mobil keluaran Chevrolet lampu rem belakangnya sudah menggunakan teknologi LED (light-emitting diode). Sedangkan lampu utama menggunakan LED DRL (Daytime Running Light).

Ternyata, lampu LED yang digunakan pada rem belakang berperan penting untuk mengurangi risiko tabrakan dari arah belakang.

Penggunaan lampu rem LED pada kendaraan, sobat KabarOto dapat memberikan peringatan lebih cepat dengan jarak berhenti sepanjang 6 m kepada pengemudi di belakang. Menurut National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), jarak tersebut sudah cukup untuk mengurangi kemungkinan kecelakaan berkendara secara signifikan.

Ada 9 tips nih yang harus diperhatikan ala Chevrolet, tips sederhana ini dijamin banyak menolong anda selaku pengemudi.

Pertama, redupkan lampu pada dasbor serta fitur hiburan apabila mobil anda dilengkapi dengan fitur dimmer switch. Karena jika terlalu terang bisa mengaburkan fokus ketika mengemudi. Kedua, gunakan lampu sorot dengan bijak. Poin ini merupakan hal penting, karena apabila menggunakan high beam secara berlebih dapat membahayakan pengendara atau pengguna jalan lainnya.

Ketiga, sobat KabarOto bisa gunakan kacamata anti-reflektif yang disarankan dokter agar lebih fokus ketika berkendara.

Keempat, berhubungan dengan lampu lagi yaitu jaga kebersihannya. Anda harus membersihkan lampu depan, lampu belakang, lampu sein, jendela dan cermin setidaknya seminggu sekali. Hal ini diperlukan karena goresan atau garis pada mika lampu dapat menyebabkan silau di malam hari. Kelima, pastikan juga bahwa sorot lampu sudah sesuai arahnya, jangan terlalu tinggi agar pengendara lain tidak silau. Jika belum yakin, bisa bawa mobil ke bengkel untuk dilihat kesesuaian sorot lampu.

Keenam, jangan lupa untuk mengurangi kecepatan dan selalu jaga jarak. Karena berkendara di malam hari depth perception akan terganggu ketika gelap. Ketujuh, masih persoalan jarak pandang, selalu waspada dengan hewan yang berkeliaran pada malam hari ya.

Kedelapan, jangan mengemudi ketika badan tidak bugar. Hal ini tentu akan sangat membahayakan karena fokus ketika mengemudi menurun drastis. Kesembilan, hindari mengemudi ketika lelah karena hal ini sama membahayakannya dengan mengemudi ketika tidak sehat.

Nah, selalu pastikan hal-hal tersebut agar selalu selamat dalam perjalanan.

Sumber: www.kabaroto.com

See also

jQuery Slider

Comments


Group

Top