News

Tips Dan Trik Menangkal Pencurian Bermodus Pecah Kaca Mobil

Thu, 28 March 2019 - 10:31 | visits : 133
Ilustrasi pecahkan kaca mobil(www.bankrate.com)

BANGKAPOS.COM -- Komplotan pencuri dengan modus pecah kaca kendaraan roda empat kerap meresahkan masyarakat. Dengan modal keramik atau pecahan busi, mereka bisa melancarkan aksinya. Para pelaku pecah kaca menyasar benda berharga yang berada di dalam mobil. Mereka menyasar tempat parkir di mal, rest area, kampus, hingga rumah sakit. Nah, para maling pemecah kaca mobil biasanya beberapa kali memutari mobil untuk memastikan apakah ada barang berharga di dalam mobil, seperti laptop, handphone, hingga perhiasan.

Cara memecahkan kaca tersebut juga cukup mudah. Pecahan busi yang berbahan keramik dibasahi terlebih dulu kemudian serpihan kecil-kecil tersebut dilempar ke kaca yang tertutup rapat, lalu ketika kaca sudah retak pencuri langsung mendorong kaca ke arah dalam untuk merobohkan kaca mobil tersebut. Nah, bagi Anda yang ingin menghindari hal tersebut, berikut tips yang dapat dilakukan oleh Anda sebagaimana dikutip dari carreview.id:

1. Parkir mobil di tempat aman atau gampang terlihat

Para pencuri dengan modus pecah kaca mobil biasanya menargetkan kendaraan yang terparkir di pinggir jalan. Para komplotan berulang kali mengecek kendaraan untuk memastikan tidak ada orang di dalam mobil, dan ada benda berharga yang terletak di dalamnya.

2. Tidak menutup kaca terlalu rapat saat parkir

Ketika Anda menutup kaca sangat rapat, maka kaca justru semakin rapuh karena terhimpit oleh sisi atap dan bawah bagian jendela mobil. Saat kaca terkena benturan tajam, maka kaca bagian tengah akan mudah retak. "Dengan memberi sedikit ruang pada kaca mobil, metode pemecahan kaca seperti itu tidak bekerja," ujar Heru Pranoto, Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya.

3. Gunakan kaca film

Kaca film selain mampu meredam panas juga mampu melindungi kaca dengan baik. Pakailah kaca film untuk memperkuat lapisan kaca mobil Anda. Selain itu, kaca film dengan tingkat kegelapan 60% ke atas mampu menghindari para pencuri dengan mudah melihat isi kabin mobil Anda.

"Dengan ketebalan dan kekuatan yang dimiliki, kaca film mampu dijadikan pengamanan dan privasi kabin mobil, apalagi buat Anda yang biasa membawa barang berharga di mobil," ucap Christopher Sebastian selaku Presiden Direktur PT Makko Group.

4. Gunakan alarm mobil

Meskipun gerakan pencuri lebih cepat dari antisipasi Anda terhadap bunyi alarm. Namun, bunyi yang ditimbulkan dapat membuat para pencuri merasa tidak nyaman saat menggasak barang di dalam mobil.

5. Letakan barang berharga di tempat yang aman.

Jika Anda terbiasa membawa laptop, kamera atau barang bawaan berharga lainnya di dalam mobil. Ada baiknya Anda menaruh barang bawaan tersebut di tempat yang paling aman, mungkin di kolong kursi atau masukan ke dalam laci yang terkunci. Hal tersebut dapat menghindari barang berharga tersebut tergasak oleh pencuri. Semua tips di atas dapat Anda terapkan untuk menghindari pencurian di dalam mobil Anda. Meski demikian, kecepatan para pencuri dalam menjalankan aksinya sulit untuk dihindari, tetap waspada.

Sumber: bangka.tribunnews.com

See also

jQuery Slider

Comments


Group

Top