News

Ac Mulai Tak Dingin, Jangan Salah Periksa Komponen

Fri, 29 March 2019 - 10:46 | visits : 42

Kendala AC mobil tak dingin bisa terjadi kapan saja. Kadang yang tersembur keluar malah hawa panas dan bau tak sedap. Sebetulnya ada komponen di dalam sistem pendingin mobil yang membutuhkan perawatan rutin. Jika fungsinya tak normal, perlu segera pengecekan dan perbaikan. Pemeriksaannya pun jangan sampai salah, agar perbaikan bisa dilakukan secara efisien.

"Kendala yang kerap terjadi pada mobil, AC tidak terasa dingin. Sebab tak sedikit konsumen yang kurang peduli akan hal ini. Faktor pertama, AC mobil jarang di service. Kemudian ada dari faktor eksternal misal debu dan kerusakan komponen. Kalaupun bermasalah, beberapa bagian itu bisa Anda cek sendiri. Tapi kebanyakan memang harus dilakukan di bengkel khusus," papar Kevin Ong, Kepala Cabang Rotary Bintaro Bekasi ketika ditemui beberapa waktu lalu. Berikut daftar komponen yang bisa diperiksa sesuai dengan gejalanya.

1. Kompresor Lemah

Faktor utama dari kurang dinginnya AC mobil adalah kompresi yang lemah. Pengaruhnya sangat banyak. Jika kompresi rendah, maka AC mobil tidak mengeluarkan hawa sejuk. Kompresor menjadi salah satu komponen yang paling pertama dicek.

2. Freon Habis

Penyebab lain dari AC yang tidak dingin bisa dari freon yang kosong. Juga terjadi lantaran adanya tekanan freon yang overheat atau kepanasan. Tekanan gas menjadi berkurang. Hal ini menjadi penyebab paling jamak dari kendala AC panas. Perlu dicatat, freon tidak pernah habis jika tidak terjadi kebocoran di dalamnya. Kalaupun bocor, penyebabnya juga bisa beragam. Termasuk dari beberapa komponen karet seal yang getas atau terburuknya valve kompresornya sudah uzur.

3. Katup Ekspansi Rusak

Rusaknya katup ekspansi bisa terjadi karena pembekuan. Perlu dilihat bagaimana kondisi ekspansi AC mobil kita. Bagian ini bisa mengalami pembekuan atau frozing yang menghambat udara keluar dari pendingin mobil. Alat ini berfungsi sebagai katup pengembunan. Atau sebagai pengatur masuknya gas freon yang sudah dicairkan dengan proses dari filter dryer.

4. Extra Fan Mati

Dinamo motor extra fan yang mati, juga bisa jadi kendala. Pastinya mempengaruhi proses kondensasi di dalam AC mobil. Kondensor tidak bisa berfungsi optimal dan menimbulkan tidak ada udara dingin yang masuk dalam kabin. Jika bagian motor extra fan mulai lemah, maka tidak ada cara lain. Kecuali mengganti dengan motor fan yang baru.

5. Evaporator Kotor

Tahukah Anda, musuh terbesar dari evaporator adalah debu. Sebab, kotoran ini membuat evaporator AC terhambat. Debu bisa berasal dari kotoran yang tidak bisa tersaring oleh filter. Bahkan jika jumlahnya sangat banyak, bisa membuat kinerja terganggu.

Inilah beberapa komponen yang perlu Anda perhatikan kondisinya. Lakukan servis AC secara rutin untuk meminimalisasi kerusakan. Jika pendingin mobil kurang sejuk, Anda bisa mengecek beberapa bagian itu. Atau kalau ingin lebih praktis, bawa saja ke bengkel khusus AC terdekat. (Alx/Van)

Sumber: www.oto.com

See also

jQuery Slider

Comments


Group

Top